Syarat Naik Kereta Api Selama Mudik Lebaran

Berdasarkan informasi yang diberikan pemerintah mengenai kebijakan mudik lebaran 2022, Anda yang sudah tiga tahun tidak pulang sejak lebaran tahun 2020 bisa bernapas lebih lega. Padalnya, orang-orang yang sudah mendapatkan vaksin booster bisa mendapatkan keleluasaan mudik ke kampung halaman selama masa pandemi ini. Pastikan Anda segera mencari info jual tiket kereta api lebaran yang tinggal menghitung hari saja. Merayakan momen kemenangan bersama keluarga tercinta yang lama tidak bersua di kampung halaman bakal lebih berkesan.

Penuhi Persyaratan Mudik Naik Kereta Api H-10 sampai H+10 Ini!

Masa angkutan lebaran tahun ini berlangsung dari tanggal 22 April-13 Mei 2022 sehingga pastikan Anda membeli tiket lebaran KAI sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Supaya Anda bisa mudik lebih lancar, sebaiknya penuhi persyaratan mudik naik kereta api pada masa angkutan lebaran sebagai berikut :

1. Teliti memilih jadwal tiket KAI

Sebelum Anda membeli tiket lebaran KAI, maka pastikan teliti memilih jadwal tiket kereta, rute hingga pemasukan data diri yang benar. Anda harus mengecek kembali jadwal cuti lebaran yang ditetapkan pihak perusahaan sebelum membeli tiket kereta api lebaran, ya! Tiket kereta api lebaran sudah bisa dibeli sejak 30 hari sebelum Idul Fitri, tapi Anda masih bisa leluasa memilih tiket jelang hari H sebelum ludes terjual.

2. Mematuhi protokol kesehatan yang berlaku

Jangan abaikan protokol kesehatan meskipun pemerintah sedikit melonggarkan aturan sebab penyebaran virus corona masih bisa dikendalikan. Selalu pakai masker, hindari kerumunan, jaga jarak, dan tetap membawa hand sanitizer ke mana-mana, ya!

3. Penuhi syarat vaksin booster

Anda yang berencana mudik ke kampung halaman, sebaiknya sudah melakukan vaksinasi jenis ketiga atau vaksin booster. Bila calon penumpang sudah melakukan vaksinasi booster, maka naik kereta api bisa lebih leluasa tanpa ada syarat perjalanan lain. Bila sudah memenuhi ketentuan minimal 3-6 bulan dari vaksinasi dosis kedua, maka Anda harus segera melakukan vaksinasi booster agar tidak perlu memikirkan syarat mudik lagi, ya!

4. Mengikuti tes PCR

Bila Anda belum sempat atau jadwal vaksinasi booster masih lama, maka harus tahu aturan naik kereta api mudik lebaran tahun ini. Salah satu aturan yang harus dipenuhi adalah calon penumpang yang masih melakukan vaksinasi dosis satu wajib mengikuti tes PCR. Ketentuan biaya tes PCR dan lain-lain wajib Anda tanyakan lebih dulu ke pihak yang bersangkutan, ya!

5. Ketentuan membawa barang bawaan

Selain memastikan Anda memiliki kesehatan yang prima, maka ketahui ketentuan membawa barang bawaan ke kampung halaman. Anda wajib mempersiapkan barang bawaan secukupnya saja sebab penumpang memiliki batas membawa bagasi sebanyak 20 kilogram saja.

Boleh membawa kotak atau kardus bawaan dengan volumeĀ  maksimal 100 dm3 dan memiliki dimensi 70x48x30 sentimeter, ya! Bila Anda membawa bagasi lebih banyak dari bagasi gratis, maka wajib membayar biaya tambahan sesuai ketentuan yang berlaku. Tentu besar biaya yang dibebankan per kilogram berbeda dari penumpang kelas ekonomi hingga kelas eksklusif, lho!

Nah, apakah Anda sudah berencana mudik lebaran memakai kereta api tahun ini? Anda bisa mulai pesan tiket lebaran sekarang juga lewat smartphone. Tentukan jadwal Anda lebih fleksibel dengan mengisi data diri sesuai kebutuhan masing-masing. Kini Anda siap merayakan hari nan fitri bersama orang-orang tercinta di kampung halaman setelah aturan mudik yang lebih longgar, kenapa tidak?

 

Leave a Reply