Pengertian Augmented Reality, Beserta Manfaatnya

Saat ini, industri pendidikan sedang berlomba mencari jalan keluar yang bisa membuat aktivitas pembelajaran lebih efisien dan cepat secara digital. Bila kita saksikan, tehnologi sudah berkembang cepat, apa lagi di golongan generasi muda. Oleh karena itu, banyak sekolah dan perusahaan mulai memakai piranti elektronik seperti tablet dan computer untuk aktivitas pembelajaran atau training. Satu diantaranya manfaatkan tehnologi Augmented Reality.

Tehnologi Augmented Reality atau AR adalah tehnologi yang menyatukan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi, ke sebuah lingkungan nyata. Selanjutnya memproyeksikan beberapa benda maya itu secara realita dalam waktu nyata.

Manfaat Augmented Reality lainnya di kehidupan nyata

Kedokteran (Medical)

Tehnologi pencitraan benar-benar dibutuhkan di dunia kedoteran misalkan untuk pengenalan operasi, pengenalan pembuatan vaksin virus, dan lain-lain. Karena itu, sektor kedokteran lakukan implementasi AR pada visualisasi riset mereka.

AR Sebagai Properti Mengajar

Salah satunya pemakaian AR yang paling mudah di bagian pendidikan dengan menyisipkannya di kegiatan pembelajaran dalam kelas. Anda dapat menyelipkan tehnologi AR dalam buku pelajaran, hingga terbentuk suatu hal yang inovatif dan interaktif untuk beberapa pelajar.

Pemakaian augmented reality di kelas bisa juga mengganti kelas yang biasa jadi menakjubkan untuk beberapa pelajar. Anda dapat menyajikan beberapa contoh atau game sederhana yang dibuat memakai AR. Dengan visual yang interaktif, pelajar semakin lebih gampang mempernyerap materi yang diberikan.

Engineering Desain

Seorang engineering desain ini membutuhkan AR untuk memvisualisasikan hasil desain mereka secara riil ke client agar tahu, mengenai spesifikasi yang detil berkenaan design mereka.

Selain dari itu dalam sektor Robotics dan Telerobotics dalam bidang robotika, seorang operator robot tersebut menggunakan pencitraan visual di saat lakukan kendalian robot tersebut, hingga implementasi AR ini benar-benar dibutuhkan di dunia robot.

Pariwisata

Apa kamu sukai traveling? Bagaimana implementasi AR dalam industri pariwisata?

Google membuat inovasi lewat Google Translate. Jika kamu bepergian keluar negeri dan mendapati tulisan dalam bahasa lokal di jalan, kamu tak perlu menulis dengan manual di aplikasi untuk ketahui artinya. Kamu cuman perlu arahkan camera handphone ke tulisan yang ingin diartikan. Secara instant, makna dari tulisan itu akan ada di layar handphone. Karena program Google Translate, kamu bisa traveling dengan nyaman dan aman.

Tehnologi augmented reality benar-benar menolong dalam beragam hal. Tentu saja, pengembangan AR ini dapat juga menolong usaha untuk berkembang. Jika kamu pebisnis di bagian kecantikan, kamu dapat mengaplikasikan AR untuk pelanggan yang kesusahan coba warna lipstik dan bedak. Beberapa merek seperti Wardah, L’oreal, Shopeee beauty cam, JDID, telah membuktikan kesuksesan tehnologi ini.

Sebenarnya masih banyak keuntungan yang dapat didapat dari tehnologi ini. Bila Anda ingin memakai tehnologi augmented reality untuk lebih memajukan usaha Anda, hubungi smarteye.id.
smarteye.id ialah perusahaan AR Terbaik dengan pengalaman dan tehnologi yang mampuni. mereka siap memajukan usaha Anda dengan tehnologi.

 

sumber : https://www.smarteye.id/blog/pengaruh-ar-pada-industri/

Leave a Reply