5 Manfaat Fitur Paylater yang Tidak Banyak Diketahui

Selama ini masyarakat lebih banyak menggunakan fitur paylater untuk berbelanja di marketplace, sebenarnya fitur ini mempunya manfaat-manfaat lain  yang belum banyak diketahui.

Fitur paylater tengah sangat digandrungi masyarakat karena dinilai sebagai metode pembayaran yang sangat praktis, terlebih di masa pandemi. Bagi  kamu yang tertarik menggunakannya juga namun masih ragu, lima manfaat fitur paylater berikut dapat menjadi pertimbangan.

1.    Dana darurat untuk kebutuhan mendesak

Ketika membutuhkan dana darurat untuk sesuatu yang benar-benar mendesak, kita dapat memanfaatkan paylater dengan segala kemudahan yang ditawarkannya. Misalnya ada kejadian tak terduga dan kita perlu segera berangkat ke luar kota menggunakan pesawat sementara kondisi keuangan tidak mendukung, paylater bisa diandalkan untuk membeli tiket dan dibayar saat gajian nanti.

Persyaratan untuk mengaktifkan layanan paylater juga tidak serumit pengajuan kartu kredit. Kamu tinggal mendaftar menggunakan kartu identitas atau KTP Indonesia, menyiapkan satu dokumen pendukung lainnya, mengisi data diri, kemudian menunggu proses verifikasi. Waktu yang diperlukan untuk verifikasi data jika ingin mengaktifkan Traveloka paylater paling lama 1 jam kerja, dengan catatan kontak keluarga tidak sulit dihubungi pada rentang waktu itu.

2.    Memudahkan mengatur pengeluaran

Sekitar 92 persen responden pada riset yang dilakukan oleh Research Institute of Socio-Economic Development menyatakan bahwa fitur paylater sangat berguna dalam proses pengaturan arus kas dan pengeluaran. Dengan memanfaatkan fitur tersebut, pengguna dapat memilah-milah mana saja pengeluaran yang perlu dibayar secara tunai dan yang bisa diangsur.

Salah satu penyedia layanan yang direkomendasikan untuk mempermudah pengaturan pengeluaran adalah Traveloka paylater. Menggunakan fitur paylater dari Traveloka, kamu bebas memilih fasilitas cicilan yang paling sesuai dengan kondisi keuangan bulananmu. Terdapat program cicilan selama 1 hingga 12 bulan. Jangan khawatir,  bunganya ringan dan berlaku flat.

3.    Dapat digunakan untuk modal usaha

Sebenarnya paylater juga dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha jangka pendek. Contohnya digunakan untuk membeli barang-barang di marketplace kemudian menjualnya lagi dan memperoleh keuntungan. Keberadaan layanan kredit online dengan sistem “beli dulu, bayar belakangan” merupakan alternatif solusi bagi mereka yang ingin memulai usaha namun terbentur masalah dana. Hanya sebelumnya harus benar-benar diperhitungkan dan dipastikan bahwa hasil dari usaha yang akan dijalankan mencukupi untuk membayar angsuran dan tentunya memiliki margin yang jelas.

4.    Lebih hemat dengan promo

E-commerce ternama dan penyedia layanan dalam bentuk aplikasi online biasanya bekerja sama dengan rekanan-rekanannya untuk mengadakan program-program promosi khusus bagi pengguna fitur paylater. Ini menjadi keuntungan tersendiri karena pengguna bisa lebih berhemat  memanfaatkan promo yang seringkali persentase potongan harga atau cashback-nya cukup besar.

5.    Efisien dan aman

Paylater merupakan metode pembayaran yang dapat dipakai pada bermacam transaksi. Mekanismenya serupa kartu kredit tetapi dengan cara penggunaan yang jauh lebih sederhana dan cepat. Kamu bisa memanfaatkannya untuk membayar tagihan listrik, berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari, membeli tiket pesawat, reservasi hotel, sampai mengisi paket data internet dan lain-lain.

Menggunakan fitur paylater lebih efisien dan aman karena kamu tidak perlu lagi menyimpan uang tunai dalam jumlah besar untuk membayar ini-itu secara offline.  Hanya lewat ponsel semua tagihan bisa langsung dilunasi.

Itulah sejumlah manfaat dari fitur paylater. Masih belum banyak yang mengetahui bahwa fitur yang satu ini dapat dimanfaatkan secara optimal, lebih dari sekadar untuk membayar belanjaan di marketplace kesayangan. Terlepas dari pro dan kontra keberadaannya, fitur ini sebenarnya sangat membantu selama digunakan di saat yang tepat, dengan perhitungan yang cermat, dan bijak.

You Might Also Like

Leave a Reply